Selasa, 22 November 2011

PERCAKAPAN BAHASA JEPANG (NIHON)

*      Hajimemashite, atashi wa ... desu. Dozo yproshiku onegaishimasu = perkenalkan, nama saya ... . Mohon bantuannya
*      Nani shite imasu/Nani yatteta no = lagi ngapain
*      Yo okage sama de genki desu = atas doa anda saya sehat
*      Yoroshiku = senang bertemu denganmu
*      Aikawarazu genki desuyo = saya sehat-sehat selalu
*      Gomen = maaf
*      Nani yatteta no = lagi ngapaiin
*      Gomen ne, ojamashimashita = maaf udah ganggu
*      Li yumo o mimasu = mimpi indah
*      Aishiteruyo = saya sayang kamu
*      De wa mata ne = sampai jumpa lagi
*      Dengon = pesan
*      Kimi o akogareteimasu =  saya rindu kamu
*      Kimi ni aitakute = saya rindu kamu
*      Nani o shite kureyo = balas dong
*      Anata = anda
*      Sentakuki = mesin cuci
*      Makasete = oke
*      Indonesiajin = orang indonesia
*      Repato = melaporkan
*      Todai = takyo daigaku
*      Kankousha = penerbit
*      Tenkiyoho = BMG
*      Apato = apartemen
*      Baito = kerja part time
*      Fuyuno ai = cinta musin dingin
*      Kombini = mesin penjual otomatis
*      Natsu = musim panas
*      Taihenkamo = mungkin susah
*      Dake = hanya
*      Uruyamashinaa = iri
*      Matte = tunggu
*      Dokoemo ikanai = nggk pergi kemana-mana?
*      Kyou = hari ini
*      Sensei = dosen
*      Ee to sonee = hmm, gitu ya
*      Nee sakkini kaeru iiyou = gpp, nih pulang duluan
*      Iko = pergi yuk
*      Nee = yaa?
*      Iie = tidak
*      Keio = saya gak tau
*      Eki = stasiun kereta
*      Norikae = berganti kendaraan
*      Daijobu = gpp
*      Oinari = megah/besar
*      Dau = gimana
*      Inori = doa
*      Gommenasai = maaf
*      Liyou = boleh
*      Nani = apa
*      E dame you = tidak berguna/sia-sia
*      Sou ka = benarkah
*      Jinja = kuil agama shintou
*      Fuyu = angin musin dingin
*      Aki = musim gugur
*      Kaikan = asrama
*      Dame = gak boleh
*      Otanoshimi kudasai ne = selamat menikmati hari
*      Jidoukenbaiki = mesin penjual otomatis yang masukin uang coin
*      Konbini = mini market jepang yang buka 24 jam
*      Ganbare = met berjuang
*      Nihongo = bahasa jepang
*      Gakusei = mahasiswa
*      Mareeshia no kata desuka = orang malaysia ya
*      Ohayo gozaimasu = selamat pagi
*      Obachan = wanita berumur, setengah tua
*      Origami = seni melipat kertas
*      Undoukai = pesta olahraga yang biasa dilakukan di sekola-sekolah
*      Boku wa zenzen heta na = benar-benar bego
*      Nakunaritai = ingin nangis

JIKOSHUAI (PERKENALAN)

*      Hajimemashite = perkenalkan
*      Watashi no name wa ... desu = nama saya adalah...
*      .... kara kimashita = saya datang dari
*      Taushi wa ... sai desu = umur saya ...
*      Shumi wa ... = hobi saya ...
*      Douzo yoroshiku, onegaishimasu = senang berkenalan denganmu
*      Kochira koso douzo yoroshiku = senang berkenalan denganmu
*      Shinsengumi = organisasi keamanan

*      Eki = stasiun
*      Nihonjin = orang jepang
*      Arigato = terima kasih
*      Ummi koretabete ii = ummi, ini boleh dimakan?
*      Ummi, arigatou nee . oishii. Mono katte kurete, arigatou = ummi, makasih yaa udah beliin abang makanan enak
*      Arigatou gozaimasu = terima kasih
*      Senjitsu domo arigatou = terima kasih untuk kejadian waktu itu
*      Kore karamo yoroshiku nee = mulai dari ini juga senang berkenalan dengan anda
*      Nihongo wa muzukashii desug, omoshiroi desho ? nihon e ikou! Nihon e kaeritai = bahasa Jepang bahasa yang sulit, menarik bukan? Yuk pergi ke jepang! Ingin balik ke jepang
*      Nihon wa atashi no kagayaku basho = jepang adalah tempatku bersinar
*      Otanjobi omedeto = selamat ultah
*      Nihon e ikitai desu = saya ingin pergi ke jepang
*      Neko = kucing
*      Silat = kenjutsu
*      Iin desu yo = gpp

ANGKA

1 = ICHI                                2 = NI                    3 = SAN                4 = SHI                  5= GO
6 = ROKU             7 = SICHI              8 = HACHI           9 = KYUU             10 = JU

v  Jikatsu? Nankai mo yatta koto ga aru yo! = bunuh diri?saya pernah mencoba beberapa kali tuh!
v  Tatami = tikar ala jepang
v  Oishiina aji ga tamaranai.... chotto chigau kanji = kelezatannya tak terkira, terasa berbeda
v  Oyabaka = kebodohan ortu
v  Boku ga iru, boku ga kimi wo mamotte ageru eien ni = saya di sini, saya akan melindungimu selamanya

From book “Ore wa Ren”

v  fu-un = sial
v  baka = bodoh
v  watashi ga kono sekai ni ikite iru imi o sagashite = aku mencari arti hidup dalam dunia ini
v  chotto = tunggu
v  honto ni = benarkah
v  nagai tabi otsuzukete kita, samishikatta yo zutto = perjalanan panjang kulewati, namu aku terus merasa kesepian
v  subarashii = luar biasa
v  shitsurei desu ga? Nihongo o hanashimasu ka? = maaf, apakah berbicara bahasa jepang
v  konbanwa! Eigo ga wakarimasu ka? = selamat malam! Mengerti bahasa Inggris?
v  Lie, amari wakarimasen = tidak, tidak begitu mengerti
v  Anata no o namae wa nan desu ka? = siapakah nama anda?
v  Hai, so desu = ya, benar
v  Yokoso Indonesia e irasshaimashita = selamat datang di Indonesia
v  Ganbatte, ne! = semangat, ya!
v  Matte! Hashiru na! = tunggu! Jangan lari!
v  Dango = cemilan manis ala Jepang
v  Natto = cemilan manis dari kacang
v  Shochu = minuman keras sejenis vodka
v  Atashi otoosan kirai! = aku benci ayah!
v  So desu ka? = oh, begitu ya?
v  Yakuza = organisasi mafia Jepang
v  Saiko-komon = senior yakuza
v  Oyabun = pemimpin tertinggi yakuza
v  Wakamonoo no kokoroe = peraturan yakuza
v  Hachi-kyu-san = nama lain yakuza
v  Sakazuki = ritual berbagi sake dari gelas yang sama
v  Bokutachi wa anatano kyoodai desu = kami semua adalah saudaramu
v  Ore wa kokode moo yuuyoomono o mitsukete = saya sudah menemukan sesuatu yang berharga di sini
v  Shinjuku = tempat berkumpulnya yakuza
v  Hashirukotowa okubyoomono desu = lari adalah tindakan pengecut
v  Nanio kotaekoto desuka = apakah jawabanmu
v  Ore wa yameru = saya ingin berhenti
v  Nani ga atte mo omae no shinjiru michi o yuke, omae no kako o ukete iru = apapun yang terjadi, melangkahlah menuju jalan yang kau percayai dan terimalah masa lalumu
v  Ogenki desu = jaga dirimu
v  Hai, wakarimashita! = ya, saya menngerti
v  Itte rasshai! = selamat jalan!
v  Jikan ga atto iu ma ni sugite shimaimashita. Iroiro no koto o shitakatta no desu ga jikan ga arimasen deshita = waktu belalu begitu cepatnya, tidak ada waktu yang cukup untuk mencocokkan segalanya
v  Yubitsume = budaya potong jari bagi anggota Yakuza yang berkhianat
v  Watashi-tachi wa isoganakereba naranai desho = kita akan harus bergegas
v  Setsunasa hagurakasu no ni wa nareteru no ni konna toki dake namida ga tomerare nai no wa naze darou? = aku telah terbiasa mengesampingkan perasaan sakit di hatiku tapi kenappa saat ini aku tak mampu membendung air mataku?

1 komentar:

  1. Artikel yang bermanfaat, kunjungi juga blog saya di http://kelasbahasajepang.blogspot.com ya, sankyu

    BalasHapus