Selasa, 15 November 2011

PERUBAHAN UNTUK INDONESIAKU

by  : Zefita

Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan sumber daya alam dan kekayaan bahari lainnya. Namun potensi tersebut belum dikelola dan diberdayakan secara maksimal sehingga banyak pihak asing yang secara tidak langsung mengintervensi dan mengeruk kekayaan alam kita. Seharusnya pihak pemerintah, swasta maupun koperasi sebagai tiga sektor penopang perekonomian nasional mampu mengelola dan memberdayakannya kekayaan alam Indonesia sebagai aset yang berharga agar dikemudian hari dapat bermanfaat bagi generasi penerus.
            Indonesia sebagai tanah kelahiran tentu memiliki kebanggaan tersendiri dan rasa cinta yang dalam. Untuk itu, dalam mencintai negara Indonesia terdapat berbagai cara. Kita sebagai warga negara Indonesia seharusnya bangga dengan negara Indonesia yang kaya akan sumber daya alam, sumber daya manusia, budaya, adat istiadat dan berbagai suku bangsa. Tidak hanya sekedar bangga dalam bentuk ucapan namun kita harus mampu mengaplikasikannya dalam bentuk tindakan. Sudah banyak kita dengar diberbagai media elektronik maupun internet kontribusi generasi muda terhadap kemajuan pemikiran, kebudayaan, musik serta teknologi dan informasi yang dampaknya kita telah dikenal di dunia internasional.
            Adapun caraku dalam mencintai negara Indonesia yaitu menjaga kebersihan lingkungan, memanfaatkan potensi alam dengan sebaik-baiknya, mengembangkan tingkat perekonomian lokal berbasis desa dengan cara memberdayakan entrepreneur muda, membeli produk buatan Indonesia, melestarikan budaya bangsa khususnya budaya lokal yang ada di tempat tinggal saya.
            Kemudian saya dan kita sebagai generasi penerus bangsa mengemban amanah dan tanggung jawab besar dalam mengembangkan negera Indonesia yang lebih maju dan berkembang agar sejajar dengan negara-negera maju dan diakui eksistensinya di mata dunia internasional. Indonesia masih tergolong negara berkembang dan masih memiliki banyak kekurangan untuk menjadi negara maju. Namun kita sebagai warga negara Indonesia jangan berkecil hati karena tentu dibalik kekurangan ada kelebihan yang tidak dimiliki oleh negara lain sehingga membuat negera kita memiliki ciri khas tersendiri.
            Perubahan untuk menjadi negera maju tentu tidaklah mudah, perlu perjuangan yang keras dan tentu semua elemen di negara Indonesia harus memiliki kemauan yang kuat untuk berani berubah. Pusat  perubahan terletak pada generasi muda. Generasi muda adalah pemegang kunci perubahan karena masa depan suatu bangsa terletak seberapa kuat generasi muda mampu menjadi dasar kekuatan.
            Selanjutnya sebagai wujud caraku mencintai Indonesia yaitu dengan mengenali dan memahami generasi muda Indonesia. Generasi muda merupakan pemegang masa depan yang akan berjuang membangun dan meningkatkan mutu bangsanya. Generasi muda merupakan penggerak perubahan yang nantinya mampu membawa arah perubahan bangsanya. Selain itu, generasi muda memiliki semangat jiwa muda yang akan ditularkan ke berbagai lapisan masyarakat sehingga dari berbagai persepsi akan memunculkan persepsi yang mutlak. Generasi muda memiliki ide-ide yang fresh dan kreatif. Melalui berbagai pengembangan ide yang tercipta akan mampu menciptakan sebuah terobosan berupa produk dan jasa yang memiliki ciri khas yang berbeda dibandingkan dengan yang lain. Dari berbagai paparan tersebut dapat disimpulkan bahwa generasi muda merupakan seorang pelopor, penemu dan pencipta terhadap berbagai produk dan jasa di segala aspek kehidupan bangsa dan negara. Ini terbukti akhir-akhir banyak bermunculan penemu-penemu di bidang sains, penulis muda yang berbakat dan para perancang IT (Information Technology) muda lainnya.
            Akhirnya saya, kita dan semua elemen masyarakat memiliki masing-masing cara untuk mencintai Indonesia tergantung bagaimana penempatan sikap dan tentu pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari. Satu hal yang saya tekankan bahwa tonggak sejarah masa lalu, kini dan masa depan terletak pada generasi mudanya sebagai pelopor pergerakan perubahan negara Indonesia yang lebih baik, makmur dan sejahtera serta pengakuan eksitensinya di dunia Internasional.
#####
Minggu, 6 November 2011
At 9.30 pm
Mataram, NTB
TULISAN INI DIIKUTSERTAKAN DALAM LOMBA ESSAY
DENGAN TEMA "CARAKU MENCINTAI INDONESIA"



Tidak ada komentar:

Posting Komentar